Istilah dalam Iklan Televisi

1
11
Istilah dalam Iklan Televisi

Dibandingkan dengan jenis iklan lain, mungkin iklan televisi adalah salah satu yang paling familiar dengan Anda. dengan jangkauan yang begitu luas dan virtual yang begitu baik, nampaknya iklan televisi juga merupakan jenis iklan paling efektif meningkatkan omset.

Terlepas dari betapa ampuhnya peningakatan omset melalui iklan televisi, mungkin banyak diantara Anda yang masih kurang paham atau bahkan sama sekali belum tahu ap aarti dari istilah-istilah dalam iklan televisi ini.

Loose Spot
Yaitu iklan yang umumnya hanya berdurasi 30 detik saja, bahkan ada yang hanya 5-15 detik, ada pula yang 60 detik. Penempatan iklan sendiri biasanya pada program televisi yang hendak ditargetkan pengiklanan. Untuk menayangkan iklan ini tentu Anda harus mengecek ketersediaan slot terlebih dahulu, apakah masih ada slot tanggal siar ataupun tidak.

ROS (run of Station)
Pada dasarnya ROS sama dengan Loose Spot, namun umumnya ROS dibandrl dengan harga lebih mudah karena disini Anda tidak bisa memilih jam siar. Denga kata lain, jam tayang dari iklan produk/jasa Anda ditentukan pihak stasiun TV.

Time Signal
Merupakan pemasangan iklan TV yang durasinya jauh lebih dingskat dan umumnya ditempatkan pada waktu jam studio menunjukkan jam/pukul tertentu, kemudian iklan ditempatkan sebelum atau sesudah jam penunjuk waktu tersebut.


Anda Butuh Jasa Pasang Iklan Baris?

Telp / WA : 0812-8524-0818


Running Text
Berbeda dengan iklan TV lain yang banyak menggunakan padua suara dan foto, running text adalah iklan dalam bentuk text tanpa gambar dan tayang dengan jumlah maksimal 12 kata. Umumnya iklan running akan muncul pada bagian bawah dan untuk sekali tayang running text membutuhkan waktu yang cukup singkat

Super Impose
Merupakan iklan yang hanya menampilkan logo produk/jasa. Biasanya logo tersebut hanya akan muncul pada bagian pojok dan durasinya pun cukup sebentar. Nah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tarik super impose adalah dengan membuat logo animasi.

Baca juga : Pengertian; Ciri-Ciri, Jenis Iklan dan Contohnya

Squeeze Frame
Yaitu iklan yang muncul saat program TV masih berlangsung serta kondisi layar TV program TV tersebut mengecil proporsional kemudian iklan muncul mengelilinginya. Ukurannya sendiri tergantung dengan standar yang ditetapka masing-masing stasiun TV. Begitu juga dengan bentuknya, ada yang berbentuk huruf L ada pula yang berbentuk segi empat.

BI (Bumper In)
Setelah suatu acara selesai dan akan masuk pada acara TV lainnya, mungkin Anda akan sering menyerupai logo sposer 5”. Dimana logo tersebut disebut juga dnegan Bumper In. lokasi dan penayangannya pun susu.

Bo (Bumper Out)
Berbeda dengan BI yang akan ditayangan sebelum masuk pada acara lain. Untuk bumper out sendiri justru lebih disarankan ketika menggunakannya.

Adllips
Yaitu iklan yang secara gamblang menyebutkan brand atau produk sponsor dalam sebuah program. Umumnya akan dibacakan oleh penyiar atau pembawa acara di program televisi tersebut.

Filter
Jika dibandingkan dengan iklan spot, iklan filler merupakan jenis ikla tv yang durasinya lebih panjang dan termasuk dalam kategori TV Commercial yang isinya merupakan informasi tentang perusahaan atau produk. Iklan filter ini umumnya berdurasi sekitar 90-120 detik.

Built In
Berbeda dengan adllips, untuk built in sendiri merupakan jenis iklan yang menempatkan produk sponsor denga acara secara proposional. Dengan kata lain product yang diiklankan akan disorot secara detail sehingga pemirsa dapat melihatnya dengan jelas.

Public Service Announcement (PSA)
Merupakan jenis iklan non komersil yang isinya berupa pemberitahuan pada masyarakat tentang suatu al. Dari tayangan ini diharapkan jika masyarakat mampu mendapat manfaat dan pembelajaran lebih.

Baca juga : 5  Manfaat Beriklan Untuk Bisnis Anda

Talkshow
Yang terakhir yaitu talkshow yang merupakan program interaktif dengan sesi tanya jawab. Disini ada pembawa acara dan narasumber dair pihak pengiklan. Durasi talkshow sendiri umumnya antara 30 hingga 60 menit, tergantung dengan slot dan kebijakan masing-masing stasiun televisi.

Itulah beberapa istilah dalam iklan televisi, dimana masing-masing lebih pada penjelasan perbedaan jenis ikla satu sama lain.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − four =