Pengertian; Ciri-Ciri, Jenis Iklan dan Contohnya

1
13

Mengenal Jenis-jenis Iklan dan Contohnya – Untuk memaksimalkan omset bisnis, tentu pihak perusahaan atau pembisnis harus banyak melakukan ikan agar produk/jasanya lebih dikenal orang. Berbagai media dapat dimanfaatkan untuk iklan, mulai dari media cetak hingga yang paling efektif untuk saat ini adalah media sosial berbasis internet seperti jejaring sosial media.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan jenis iklan lain yang masih mampu memberikan hasl signifikan pada omset Anda.

 

Apa sajakah jenis-jenis iklan tersebut? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Iklan Koran

Ketika Anda membaca koran, pasti ada satu part atau bagian yang isinya hanya berupa iklan. Dimanamaca-macam iklan koran pun cukup banyak, seperti iklan display (iklan yang kebanyakan berupa gambar), iklan advertorial (iklan yang kebanyakan didominasi tulisan), iklan kolom (bisa disesuaikan dengan besar dan luas iklan), iklan baris (iklan dengan bentuk baris dan ukurannya kecil). Ukuran dari iklan koran sendiri nantinya bisa berbeda antara satu koran dengan koran lain, tergantung pihak pengelola koran.

Sedangkan untuk jenis iklan yang ditawarkan sendiri terdiri dari iklan produk/jasa, iklan ucapan (baik duka cita ataupun selamat), iklan pengumuman, iklan sosial, iklan berita duka, iklan laporan keuangan dan masih banyak lainnya.

Iklan Majalah

Masuk pada lembar majalah, Anda juga bisa menjumpai ikla produk/jasa maupun layanan lain. Dimana jenis iklan majalah terdiri dari iklan display dan iklan advertorial. Untuk ukuranya sendiri cukup beragam mulai dari ukuran full page hingga ¼ halaman saja. Namun ada juga majalah yang hanya menyediakan 1 ukuran iklan saja, yaitu 1 halaman penuh. Hal ini bertujuan agar fungis iklan berlaku dengan baik, sehingga bukan hanya pihak majalah saja yang mendapat untuk maksimal namun juga pengiklan.

Baca juga : 5  Manfaat Beriklan Untuk Bisnis Anda

Iklan Radio

Jauh berbeda dengan iklan majalah atau iklan koran yang bisa dilihat kapan saja, iklan radio sendiri hanya dapat diputarkan pada jam iklan tiba. Iklan yang juga disebut iklan spot ini biasanya berdurasi 60 menit. Namun ada juga iklan adlibs atau iklan yang dibacakan oleh penyiar radio, juga ada iklan talkshow yaitu ikla yang dikemas dalam sebuah program tanya jawab. Jadi untuk iklan talkshow ada penyiar dan narasumber yang biasanya berasal dari pihak pengiklan, nantinya pendengar bisa berinteraksi langsung melalui hotline.


Anda Butuh Jasa Pasang Iklan Koran?

Telp / WA : 0812-8524-0818


Iklan TV

Dibanding dengan jenis iklan lain, mungkin iklan TV merupakan iklan yang biayanya paling mahal. Oleh karena itu untuk setiap kali penayangan bisa hanya selama 5 detik, 10 detik, 15 detik atau 30 detik saja. Untuk penayangannya pun hampir sama dengan iklan radio yaitu sesuai jam tayang iklan.

Pada beberapa stasiun TV juga sering kali menawarkan jenis iklan lain seperti talkshow, baik berupa siaran langsung ataupun rekaman.

Iklan Internet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika saat ini iklan internet yang dilakukan melalui media sosial merupakan salah satu yang paling favorit. Meski harganya tak semahal iklan TV namun efektifitas iklan internet tak kalah bagus, mengingat saat ini pengguna internet sudah begitu merata. Iklan internet sendiri dapat dilakukan melalu Google Adwords, Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Baca juga : Harga Pasang Iklan Baris Termurah dan Tercepat

Iklan Mobile

Iklan melalui media ponsel atau iklan mobile juga mulai berkembang, baik melalui iklan SMS ataupun MMS. Hanya saja yang meembedakan iklan mobile dengan jenis iklan lainnya adalah sasaran yang tertarget. Jadi untuk jenis iklan ini lebih banyak digunakan pada kawasan tertentu saja.

Bagaimana, sudah paham apa saja jenis iklan dan perbedaan satu sama lain? Nantinya Anda bisa memilih jenis iklan sesuai kebutuhan dna budget pastinya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 − one =